Sejarah, Visi, dan Misi

Sejarah Singkat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang merupakan salah satu Program Studi berprestasi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate (akan segera berstatus IKIP Kie Raha Ternate), berdiri pada tahun 2007 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) nomor 1984/D/T/2007 yang diterbitkan pada tanggal 19 Juli 2007. Pada tahun 2010, Program Studi ini diberikan perpanjangan izin penyelenggaraan Program Studi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) melalui kewenangan KOPERTIS Wilayah XII dengan nomor surat 4715/D/T/K-XII/2010.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate sudah melalui proses Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan mendapatkan nilai “C” pada tanggal 3 Agustus 2012, dan pada tahun 2015 ini akan melalui proses re-akreditasi.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate sudah mencetak lulusan sarjana yang kini tersebar ke seluruh penjuru provinsi Maluku Utara, yang bekerja baik sebagai guru Bahasa Inggris di segala satuan pendidikan, dan juga bekerja di instansi-instansi non-pendidikan. Mahasiswa angkatan pertama tahun 2007 diwisudakan pada tahun 2011, sedangkan mahasiswa angkatan tahun 2008 diwisudakan pada tahun 2012, mahasiswa angkatan tahun 2009 diwisudakan pada tahun 2013, dan mahasiswa angkatan 2010 diwisudakan pada tahun 2014.

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Sebagai penyelenggara program pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Kie Raha Ternate, visi program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate sejalan dengan visi institusi STKIP Kie Raha Ternate. Adapun visi program studi ini adalah:

Pada tahun 2020, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris akan menjadi salah satu Program Studi Pilihan di Maluku Utara yang menyelenggarakan program pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki daya saing yang tinggi, menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian bahasa Inggris, beriman, dan mampu mendayagunakan sarana teknologi dan informasi secara profesional.

Misi

Guna merealisasikan visi tersebut, maka disusunlah misi program studi sebagai berikut:

  • Senantiasa melakukan pengembangan dan penguatan diri dari aspek sarana dan prasarana, mutu kerja, dan pengelolaan program studi.
  • Menyelenggarakan program-program pendidikan primer dan ekstrakurikuler yang berkualitas dan relevan dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat.
  • Menjaga keseimbangan pembangunan intelektual dan emosional dalam penyelenggaraan program-program pendidikan, serta
  • Memaksimalkan upaya pendayagunaan sumber-sumber informasi serta penggunaan teknologi dengan tujuan yang relevan.