Rencana Strategis

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan secara resmi di STKIP Kie Raha Ternate, dengan kode program studi 88203 dan terdaftar dalam basis data perguruan tinggi DIKTI. Program studi yang diselenggarakan sejak tahun 2007 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI nomor…. ini telah diakreditasi oleh BAN-PT dengan akreditasi C pada tahun 2012 dengan nomor Surat Keterangan….

Sebagai salah satu unit di STKIP Kie Raha Ternate, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan program pendidikan Bahasa Inggris untuk mencapai tujuan institusi; dan sebagai bagian dari dunia masyarakat, program studi Pendidikan Bahasa Inggris memainkan peran guna meraih cita-cita bersama, yakni mutu pendidikan yang lebih baik.

Program studi pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Kie Raha Ternate, pada usia yang ke delapan tahun, masih dalam tahap perkembangan dari dasar. Meskipun program studi ini sudah mencetak sejumlah lulusan yang kini terserap di berbagai daerah sesuai dengan profesionalismenya sebagai guru bahasa Inggris, maupun yang bekerja di luar bidang studinya, masih dapat disebut sebagai program studi yang masih membutuhkan sejumlah dukungan besar dari berbagai pihak.

Dari waktu ke waktu, program studi ini senantiasa menghadapi berbagai tantangan baik secara internal maupun eksternal. Akan tetapi program studi ini juga senantiasa melakukan pembenahan diri dan pengembangan diri, guna dapat menyelenggarakan dan melanggengkan penyelenggaraan program pendidikan Bahasa Inggris yang layak.

Saat ini, program studi pendidikan bahasa Inggris setidaknya sudah menghasilkan 180 lulusan dan kini sedang membina setidaknya 174 mahasiswa aktif. Dari jumlah lulusan, menyadari masih lemahnya sistim pelacakan lulusan (tracer study), diketahui sebagian besar telah bekerja sesuai dengan bidang studinya; akan tetapi jumlah akurat dalam hal ini tidak dapat disebutkan mengingat masih lemahnya tracer study yang dilakukan.

Dalam realisasi tridarma perguruan tinggi, program studi ini memiliki tenaga pengajar yang seluruhnya telah memiliki gelar magister, telah memiliki NIDN, dan sebagian besar telah memiliki SK Fungsional dan telah bersertifikat pendidik. Untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar, tiga dosen kini sedang melanjutkan studi ke program doktor. Selain itu, program studi ini menyelenggarakan program penelitian bersama antara mahasiswa dan dosen, serta pengabdian pada masyarakat. Program studi akan senantiasa meningkatkan motivasi meneliti dan mengabdi, baik dosen maupun mahasiswa, guna mencapai kualitas realisasi tridarma perguruan tinggi yang lebih baik.

Program studi ini juga sedang dan akan senantiasa menjalin hubungan kerjasama dengan instansi eksternal, khususnya sekolah, untuk memberikan pembinaan bahasa Inggris pada masyarakat. Hubungan kerjasama ini akan senantiasa ditingkatkan dari kerjasama berskala lokal, nasional, hingga internasional. Kerjasama-kerjasama yang lain yang bersifat menguntungkan kedua belah pihak juga sedang diusahakan agar menjadi jalur bantuan dari berbagai pihak untuk kelangsungan dan peningkatan mutu program studi, yang berimbas pada mutu lulusan.

Untuk menunjang kebutuhan mahasiswa dan dosen, program studi senantiasa menyediakan sumber dan media belajar seperti buku referensi, jurnal dan hasil penelitian yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen secara online. Selain itu, telah dirancang berbagai program ekstrakurikuler yang meliputi ketrampilan bahasa dan seni. Sebagian program telah dijalankan dan sebagian lagi masih berada dalam tahap perencanaan dan pemantapan. Program-program untuk menunjang kebutuhan mahasiswa ini diapresiasi secara antusias oleh mahasiswa dan ini dapat diketahui melalui keterlibatan mereka dalam program tersebut. Selain itu, pengembangan sarana dan prasarana, serta pembenahan sistim pemberkasan dan administrasi program studi, serta penguatan sistim penjaminan mutu, akan senantiasa dilaksanakan di program studi guna menjaga stabilitas dan kelanggengan program pendidikan bahasa Inggris yang memadai dan memiliki daya saing.

Secara keseluruhan, hal-hal yang telah disebutkan di atas akan dijabarkan dalam renstra ini. Renstra ini merupakan panduan pengembangan program studi yang akan diselenggarakan dari waktu ke waktu, dan dalam kurun waktu lima tahun (2015-2020), program studi ini senantiasa berupaya agar dapat mencapai target yang disebutkan dalam renstra ini.

PROFIL PROGRAM STUDI

Visi

Sebagai penyelenggara program pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Kie Raha Ternate, visi program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate sejalan dengan visi institusi STKIP Kie Raha Ternate. Adapun visi program studi ini adalah:

Pada tahun 2020, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris akan menjadi salah satu Program Studi Pilihan di Maluku Utara yang menyelenggarakan program pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki daya saing yang tinggi, menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian bahasa Inggris, beriman, dan mampu mendayagunakan sarana teknologi dan informasi secara profesional.

Misi

Guna merealisasikan visi tersebut, maka disusunlah misi program studi sebagai berikut:

  • Senantiasa melakukan pengembangan dan penguatan diri dari aspek sarana dan prasarana, mutu kerja, dan pengelolaan program studi.
  • Menyelenggarakan program-program pendidikan primer dan ekstrakurikuler yang berkualitas dan relevan dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat.
  • Menjaga keseimbangan pembangunan intelektual dan emosional dalam penyelenggaraan program-program pendidikan, serta
  • Memaksimalkan upaya pendayagunaan sumber-sumber informasi serta penggunaan teknologi dengan tujuan yang relevan.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah dijabarkan di atas, maka tujuan program studi dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pengajar di berbagai satuan pendidikan yang profesional dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian bahasa Inggris.
  • Menghasilkan kegiatan penelitian yang bermutu dengan menitikberatkan pada pengembangan pengetahuan, inovasi, dan pemecahan masalah pada konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, linguistik, dan sastra.
  • Menghasilkan lulusan yang agamais, intelektualis, serta mampu menggunakan media kerja berteknologi tinggi yang relevan dengan bidang kerjanya.
  • Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam memberikan informasi dan pengetahuan terintegrasi di bidang pendidikan, pendidikan bahasa, dan pendidikan bahasa Inggris.

Arah Kebijakan

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris merumuskan arah kebijakan sebagai berikut:

  • Peningkatan mutu kurikulum dan proses belajar mengajar yang bermutu.
  • Peningkatan daya saing lulusan di bidang tenaga kependidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  • Peningkatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi baik dalam proses pembelajaran.
  • Peningkatan kerjasama dalam proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Sasaran

Sasaran program studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Terlaksananya kegiatan belajar mengajar Pendidikan Bahasa Inggris untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat, kebutuhan dunia kerja, kebutuhan pemerintah, dan kebutuhan warga negara asing.
  • Terciptanya sumberdaya manusia yang unggul dan profesional, yang mengedepankan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam profesionalismenya didukung oleh teknologi informasi.
  • Dihasilkannya penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris, guna pengembangan pengetahuan, inovasi, dan pemecahan masalah.
  • Terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada distribusi informasi serta pendidikan dalam konteks pendidikan bahasa dan pendidikan bahasa Inggris.
  • Terlaksananya kegiatan kerjasama dalam berbagai skala guna pengembangan dan penguatan pada program studi agar dapat tercapai visi misi program studi.

Strategi Pencapaian

Sasaran yang telah disebutkan di atas dapat dicapai melalui strategi-strategi sebagai berikut:

  • Melakukan revisi kurikulum berdasarkan studi atas kebutuhan masyarakat dan kebutuhan kerja.
  • Menyediakan tenaga dosen yang berkualitas pada disiplin ilmunya yang tidak hanya mengutakaman pembangunan intelektual tetapi juga pembangunan mental spititual.
  • Meningkatkan mutu dosen dalam penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
  • Mengembangkan dan memperkuat kegiatan penelitian dosen secara mandiri, dan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa, berdasarkan pengamatan dan pembelajaran terhadap fenomena dan masalah yang terjadi dalam aspek pendidikan bahasa Inggris, guna meningkatkan pemahaman, mengembangkan pengetahuan, menciptakan inovasi dalam pendidikan bahasa Inggris, dan memecahkan masalah dalam konteks pendidikan bahasa Inggris.
  • Memberikan informasi pada masyarakat tentang pentingnya bahasa Inggris dalam era globalisasi, menyelenggarakan program kursus gratis pada masyarakat, mensosialisasikan program-program yang diselenggarakan di program studi melalui berbagai media, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.
  • Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak yang berpotensi untuk mengembangkan mutu program studi yang berimbas pada mutu lulusan, dan bermuara pada mutu pendidikan bahasa Inggris di Maluku Utara.
  • Melaksanakan tracer study guna menjadi bahan monitoring dan evaluasi demi pengembangan dan perbaikan diri.

BAB II

ISU DAN TUJUAN STRATEGIS

ISU STRATEGIS

Kesadaran Masyarakat terhadap Pengaruh Globalisasi terhadap Kebutuhan Pendidikan Bahasa Inggris

Di era globalisasi ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat yang mengambil langkah untuk mengikutsertakan anak-anak mereka dalam lembaga kursus bahasa Inggris yang kini semakin berkembang di kota Ternate. Sementara itu, di wilayah seputaran kota Ternate atau di wilayah lain di Provinsi Maluku Utara, lembaga-lembaga tersebut masih sangat kurang sehingga masyarakat hanya mengandalkan guru-guru bahasa Inggris di segala satuan pendidikan.

Kesadaran masyarakat yang kian meningkat ini disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya:

  • Ramainya pelancong mancanegara yang datang dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan dan membutuhkan pemandu wisata.
  • Dibukanya lapangan pekerjaan yang menuntut adanya penguasaan bahasa Inggris.
  • Penggunaan teknologi untuk berbagai kebutuhan yang membutuhkan bahasa Inggris.
  • Kebutuhan tenaga penerjemahan teks bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai konteks.
  • Maraknya kegiatan kompetisi bahasa Inggris.

Dengan hal-hal yang disebutkan di atas, maka kebutuhan masyarakat menjadi semakin kompleks. Hal ini turut mendasari kebutuhan masyarakat pada dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi, khususnya program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan demikian, pengaruh dari kesadaran dan kebutuhan masyarakat ini akan berpengaruh pada peran program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Konteks Pendidikan dan Era Globalisasi

Pengaruh dari era globalisasi bukan hanya merambah dunia kerja, tetapi juga merambah dunia pendidikan, dalam hal ini kurikulum. Sasaran kurikulum pendidikan kini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik negara semata, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan globalisasi.

Lajunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu wajah globalisasi. Penggunaan teknologi canggih saat ini dapat ditemukan di segala aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Melalui teknologi yang semakin berkembang, proses komunikasi semakin kompleks meskipun tujuannya untuk mendekatkan jarak dan mempersingkat waktu; sumber-sumber bahan belajar mengajar kini dapat diakses secara online di berbagai website yang mana membutuhkan ketrampilan untuk melakukan hal ini; kebutuhan distribusi informasi, sosialisasi, promosi, dan transaksi, kini dapat menggunakan sarana teknologi yang ada, dan bahkan dalam konteks tertentu justru diwajibkan.

Kenyataan ini membukan wawasan masyarakat untuk menghendaki proses pendidikan yang terintegrasi dengan pelatihan ketrampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini dapat dimaklumi, salah satu alasannya adalah agar setiap tenaga pendidik atau tenaga kerja (yang adalah lulusan perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tertentu) memiliki ketrampilan yang dibutuhkan, tanpa harus menjalani proses pendidikan khusus. Dengan demikian, tenaga guru yang memiliki kemampuan ini dapat mengajarkan kembali atau membiasakan peserta didiknya (yang adalah krusial dari masyarakat) mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara relevan dengan kebutuhan belajar dan kebutuhan hidup secara umum.

Profesi Guru dan Kesejahteraan Hidup

Semenjak Pemerintah membijaki kesejahteraan guru, melalui komitmennya untuk mengalokasikan dana 20% dari APBN, maka profesi guru dipandang dapat menunjang pemenuhan kebutuhan hidup. Sebagai konsekuensinya, profesi guru semakin diminati dan ini berimbas pada minat masyarakat pada LPTK. Hal ini turut memberi peran kepada program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang adalah salah satu unit dari LPTK STKIP Kie Raha Ternate dalam menunjang pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan Tenaga Bahasa Inggris dalam Konteks Pendidikan dan Non-Pendidikan

Melalui apa yang telah dijabarkan di atas, maka sudah pasti kebutuhan tenaga bahasa Inggris di segala satuan pendidikan semakin meningkat, baik formal maupun non-formal, baik di dalam konteks pendidikan maupun non-pendidikan.

TUJUAN STRATEGIS

Peningkatan Kualitas dan Relevansi Pendidikan

Menyelenggarakan proses belajar mengajar, serta penyelenggaraan program-program ekstra yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan daya kreatifitas mahasiswa dan mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Peningkatan Kualitas Penelitian

Menghasilkan penelitian yang dapat mendukung proses pembelajaran, pengajaran, inovasi, dan pemecahan masalah kebahasaan.

Pengingkatan Kualitas Pengabdian pada Masyarakat

Meningkatkan peran serta program studi dan perguruan tinggi dalam memberdayakan masyarakat.

Peningkatan Kualitas Kerjasama

Meningkatkan kerjasama di berbagai skala guna mendapatkan benefit yang relevan dan sesuai dengan sifat kerjasama.

Peningkatan dan Penguatan Pengelolaan Program Studi yang Efektif, Efisien, Produktif, dan Sehat

Memberikan pelayanan akademik dan administrasi yang prima terhadap sivitas akademika, stakeholders, dan masyarakat.

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PENCAPAIAN TUJUAN STRATEGIS

Tujuan-tujuan strategis yang sebagaimana disebutkan di atas hanya akan tercapai melalui faktor-faktor pendukung keberhasilan sebagaimana yang disebutkan berikut:

  • Budaya pengelolaan STKIP Kie Raha Ternate yang sehat dan bertanggungjawab
  • Sarana dan Prasarana yang mendukung, memadai, dan berkualitas.
  • Rasa memiliki terhadap almamater yang kuat.
  • Pemanfaatan sumberdaya yang tepat sasaran.
  • Kerjasama yang saling mendukung.
  • Sumberdaya manusia dengan kualitas dan kuantitas yang memadai.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara relevan dan intensif.
  • Otonomisasi pengelolaan program studi.

STRATEGI UMUM

  • Keterpaduan dalam penyelenggaraan program.
  • Keterpaduan dalam Penyelenggaraan administrasi.
  • Pemanfaatan sumberdaya yang optimal.
  • Partisipasi masyarakat dalam pembiayaan.
  • Pengelolaan berbasis kinerja untuk penjaminan mutu pelayanan.

BAB III

PROGRAM DAN SASARAN

 Peningkatan Kualitas dan Relevansi Pendidikan

Kebijakan dalam bidang pendidikan diorientasikan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan akademik dan administrasi program studi dan pengembangan program ekstrakurikuler guna menciptakan tenaga bahasa Inggris (guru dan non-guru) yang profesional, berkepribadian luhur, mampu berkompetisi, memiliki kesempatan dalam dunia kerja, memiliki kesempatan dan akses untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta memperkuat jalinan kerjasama di berbagai skala bersama berbagai mitra.

Kebijakan tersebut dapat diwujudkan melalui program-program sebagai berikut:

  • Mengevaluasi dan merevisi kurikulum, silabus, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perundangan serta perkembangan pada lapangan kerja.
  • Memperkuat unit penjaminan mutu internal dalam mengevaluasi dan memperbaharui standar mutu akademik dalam proses dan hasil pembelajaran.
  • Meningkatkan kegiatan seminar, lokakarya, dan kuliah umum guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dan dosen.
  • Meningkatkan program-program ekstrakurikuler untuk mendukung program-program primer.
  • Meningkatkan jumlah koleksi buku teks di program studi sebagai referensi dan bahan bacaan dalam proses belajar mengajar.
  • Mengembangkan kerjasama guna peningkatan mutu sumberdaya.
  • Membenahi sistem pengelolaan administrasi dan pemberkasan serta rekam data di program studi.
  • Peningkatan fasilitas dan sarana prasarana program studi untuk proses belajar mengajar dan pelayanan mahasiswa serta masyarakat.

Sasaran: “Menyelenggarakan program studi dengan pengelolaan yang efektif, efisien, produktif, dan sehat, serta meningkatkan proses akademik untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif.

Peningkatan Kualitas Penelitian

Kebijakan di bidang penelitian ini diorientasikan untuk mendorong tumbuhnya kegiatan penelitian yang bermutu dan bermanfaat di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang inovatif, mutakhir, dan dapat diimplementasikan.

Kebijakan tersebut dapat dicapai melalui sejumlah program sebagai berikut:

  • Mendorong minat meneliti tenaga dosen melalui reward
  • Meningkatkan kegiatan penelitian bersama dosen dan mahasiswa di setiap semester.
  • Membuka akses jurnal nasional dan internasional dan hasil penelitian sebagai bahan kajian dan inspirasi penelitian bagi mahasiswa dan dosen.
  • Menerbitkan hasil penelitian pada jurnal kampus dan website program studi.
  • Mensosialisasikan dan menerapkan hasil penelitian pada stakeholder.
  • Meningkatkan kualitas pengetahuan mengenai metodologi penelitian melalui seminar, workshop, dan kuliah umum dengan menghadirkan pembicara yang berkualitas.
  • Melaksanakan pembimbingan penelitian akhir mahasiswa secara intensif dan menghindari terjadinya plagiarisme hasil penelitian melalui proses pembimbingan tersebut.

Sasaran: “Menghasilkan penelitian yang bermutu, inovatif, mendukung proses pembelajaran, dan pemecahan masalah dalam konteks pendidikan bahasa Inggris.

Peningkatan Kualitas Pengabdian pada Masyarakat

Kebijakan di bidang Pengabdian pada Masyarakat ini diorientasikan pada optimalisasi peran program studi dalam pemberdayaan masyarakat.

Kebijakan tersebut dapat terwujud dalam program sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan kursus bahasa Inggris bebas biaya di tengah-tengah masyarakat melalui kerjasama dengan pihak sekolah setempat sebagai fasilitator tempat dan peserta didik.
  • Menyelenggarakan program sosialisasi dan distribusi informasi seputaran perkembangan pendidikan Bahasa Inggris dan program-program berkualitas yang diselenggarakan di Program Studi.
  • Memberikan penyuluhan-penyuluhan dengan tema pendidikan Bahasa dan Pendidikan Bahasa Inggris pada masyarakat demi pengembangan pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.
  • Memberikan sumbangan-sumbangan dalam berbagai bentuk pada lembaga-lembaga pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini yang dilakukan oleh Ikatan Alumni sebagai salah satu programnya.
  • Mendukung program-program pemerintah dan stakeholder dalam pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Sasaran: “Meningkatkan peran program studi dalam pemberdayaan masyarakat.”

Peningkatan Kualitas Kerjasama

Kebijakan di bidang kerjasama ini diorientasikan pada pemenuhan kewajiban tridarma perguruan tinggi yang erat kaitannya dengan pengabdian pada masyarakat dan juga guna memfasilitasi mitra kerjasama untuk meningkatkan sumberdaya manusianya melalui program-program yang disepakati, serta meluaskan kesempatan untuk mendapatkan bantuan-bantuan dalam berbagai bentuk untuk pengembangan mutu program studi dan mutu lulusan.

Kebijakan tersebut dapat dicapai melalui program-program sebagai berikut:

  • Melakukan kerjasama dengan pihak sekolah di berbagai satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kursus bahasa Inggris bebas biaya.
  • Melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah daerah dalam skala kelurahan untuk menyelenggarakan program sosialisasi, promosi, distribusi informasi, serta penyuluhan untuk memberdayakan masyarakat.
  • Melakukan kerjasama dengan pihak lembaga penyelenggara tes bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, TOEP) untuk memfasilitasi masyarakat untuk menguji kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu tuntutan untuk lanjut studi atau untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Melakukan kerjasama dengan instansi atau lembaga yang berminat untuk menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris untuk pemberdayaan sumberdaya mereka.

Sasaran: “Meningkatkan kerjasama dalam berbagai skala dan konteks untuk peningkatan sumberdaya.”

Peningkatan dan Penguatan Pengelolaan Program Studi yang Efektif, Efisien, Produktif, dan Sehat.

Kebijakan pada bidang pengelolaan program studi berorientasi pada pembenahan sistem pengelolaan dan pelayanan guna mencapai mutu terbaik serta mendukung pencapaian visi, misi, serta tujuan program studi.

Kebijakan tersebut dapat dicapai melalui program-program sebagai berikut:

  • Reorganisasi dan penataan sistem pengelolaan program studi yang merujuk pada Statuta Perguruan Tinggi STKIP Kie Raha Ternate.
  • Meningkatkan pemberdayaan dan pengelolaan unit sesuai dengan Statuta Perguruan Tinggi STKIP Kie Raha Ternate.
  • Menyusun prosedur dan tata kerja yang efektif dalam melaksanakan pelayanan akademik dan administrasi.
  • Memfungsikan unit penjaminan mutu internal program studi untuk kepentingan monitoring dan evaluasi secara berkala.
  • Mengembangkan sistem manajemen keuangan program studi.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana (fasilitas) untuk mendukung kinerja unit di program studi serta mendukung proses akademik program studi yang meliputi proses pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan fasilitas
  • Meningkatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk pelayanan akademik dan dukungan proses belajar mahasiswa.
  • Melakukan pembenahan sistem pemberkasan dan administrasi serta memperkuat proses rekam data dan dokumentasi kinerja program studi.

Sasaran: “Meningkatkan manajemen program studi yang efektif, efisien, produktif, dan sehat serta memberikan pelayanan prima terhadap sivitas akademika dan stakeholder.”

BAB IV

RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP KIE RAHA TERNATE 2015-2020

PROGRAM SOSIALISASI

Nama Program : Sosialisasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Target              : Program studi dapat dikenal, diterima, diakui, dan diminati oleh masyarakat.

Strategi            :

  • Memanfaatkan alumni yang telah bekerja sebagai tenaga guru untuk melakukan sosialisasi pada peserta didik khususnya pada satuan pendidikan SMU, SMK, MA, atau yang sederajat.
  • Memanfaatkan webblog Program Studi untuk menyampaikan sosialisasi secara online.
  • Mendistribusikan brosur program studi melalui alumni pada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.
  • Memanfaatkan media elektronik televisi (siaran lokal) untuk menyampaikan program-program yang diselenggarakan di program studi,
  • Berkerjasama dengan pihak kelurahan untuk menyampaikan informasi program studi pada masyarakat.
  • Memanfaatkan media sosial oleh mahasiswa dan dosen untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan atau program-program yang diselenggarakan di program studi.

PROGRAM PENINGKATAN MUTU MAHASISWA

Nama Program : Peningkatan Mutu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Target              : Peningkatan IPK dan kesempatan mendapatkan peluang kerja

Strategi            :

  • Penambahan jumlah koleksi buku bacaan di program studi agar digunakan sebagai referensi belajar.
  • Menyelenggarakan program-program ekstrakurikuler seperti: Writers Club, English Debating Club, Traditional Dancing Club, dan Translators Club.
  • Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui penguasaan SAP dan materi perkuliahan serta penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
  • Menyediakan link jurnal penelitian bahasa Inggris dan Linguistik yang dapat diakses dan diunduh secara gratis dan dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa.
  • Menyelenggarakan seminar dan kuliah umum yang menghadirkan narasumber berkualitas, minimal dengan kualifikasi doktor.
  • Mengembangkan suasana akademis di lingkungan program studi.

PROGRAM PENINGKATAN MUTU TENAGA DOSEN

Nama Program : Peningkatan Mutu Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Target              : Meningkatkan kualitas dan kuantitas tridarma perguruan tinggi dosen

Strategi            :

  • Menambah koleksi buku bacaan di program studi untuk menjadi rujukan bagi dosen dalam meningkatkan pengetahuan dan menyusun materi perkuliahan.
  • Menyelenggarakan kuliah umum.
  • Memotivasi dosen untuk melaksanakan penelitian bersama mahasiswa.
  • Memotivasi dosen untuk melakukan pengabdian pada masyarakat.
  • Mengikutsertakan dosen pada kegiatan-kegiatan ilmiah dan kebahasaan seperti seminar, lokakarya, workshop, penjurian, dan lain sebagainya.
  • Mendistribusikan hasil penelitian pada masyarakat atau stakeholder.

PROGRAM PENINGKATAN TRACER STUDY

Nama Program : Penjaringan Informasi Kualitas Lulusan dan Pemberdayaan Alumni

Target              : Mendapatkan informasi dari pengguna lulusan untuk kepentingan evaluasi

Strategi            :

  • Mengunggah kuisioner pengguna lulusan di webblog program studi agar diunduh oleh lulusan dimana saja berada, kemudian setelah diisi dan dilegalisasi oleh atasan atau pengguna lulusan lalu dikirmkan kembali ke program studi baik melalui pos maupun melalui email.
  • Menyediakan formulir online yang dapat diisi oleh lulusan dengan mengakses webblog program studi.
  • Merumuskan program kerja alumni untuk direalisasikan: pemberian sumbangan pada sekolah dalam berbagai bentuk, sharing pengalaman mengajar bagi alumni yang sudah menjadi guru, dan sumbangan buku setiap tahun pada program studi.

PROGRAM PENINGKATAN KERJASAMA

Nama Program : Peningkatan Kerjasama

Target              : Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama yang saling menguntungkan

Strategi            :

  • Menyelenggarakan kerjasama dengan sekolah menengah pertama dan umum untuk menyelenggarakan program kursus bahasa Inggris bebas biaya.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga penyelenggara tes kemampuan bahasa Inggris untuk memfasilitasi individu atau kelompok yang ingin menguji kemampuan bahasa Inggrisnya.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan kelurahan untuk memfasilitasi program sosialisasi dan penyuluhan pada masyarakat secara berkala.
  • Memberdayakan himampro dalam menyelenggarakan program kompetisi yang melibatkan stakeholder.

PROGRAM PENINGKATAN FASILITAS DAN PEMBENAHAN PENGELOLAAN PROGRAM STUDI

Nama Program : Peningkatan fasilitas dan pembenahan pengelolaan program studi

Target              : Kemudahan pada sivitas akademika dalam menyelenggarakan program.

Strategi            :

  • Mengadakan fasilitas internet di program studi yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa untuk kepentingan yang relevan.
  • Meningkatkan dan memperbaharui fasilitas belajar mengajar di kelas.
  • Melakukan reorganisasi dokumen mahasiswa berbasis riwayat perkuliahan masing-masing mahasiswa secara individu.
  • Pengembangan standar operasional prosedur akademik.
  • Pendataan kembali jumlah mahasiswa pada seluruh status mahasiswa.
  • Memfungsikan kembali fungsi dosen Pembimbing Akademik
  • Mengoptimalkan kerja unit penjaminan mutu untuk monitoring dan evaluasi kinerja unit program studi.
  • Pembaharuan dan pengadaan fasilitas kerja di program studi.

BAB V

PENUTUP

Demikianlah renstra program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha 2015-2020 ini disusun agar menjadi panduan bersama. Isi Renstra ini tentu saja rentan terhadap perubahan apapun yang bisa saja terjadi ketika terdapat kendala-kendala yang signifikan dalam proses realisasi setiap rencana yang telah dijabarkan dalam Renstra ini. Keberhasilan dalam mencapai seluruh target dalam Renstra ini membutuhkan kerjasama yang kuat di antara seluruh pihak terkait, rasa tanggungjawab, dan kesungguhan dalam bekerja. Melalui kerja keras dan kerjasama yang baik, semoga seluruh program yang direncanakan dalam renstra ini dapat terealisasi sebagaimana yang diharapkan bersama.

Ternate, 19 Februari 2015

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

STKIP Kie Raha Ternate

Ketua,

Zainurrahman, S.S., M.Pd

NIDN. 12-05038302