Setelah meluncurkan sebuah platform indeksasi jurnal ilmiah Indexily, kini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha tengah menguji platform Uji Kemahiran Bahasa Inggris Akademik yang diberi nama Indexily English Test (disingkat IET). Lalu, apa itu IET? Apa perbedaan IET dengan platform Uji Kemahiran Bahasa Inggris lain seperti TOEFL atau IELTS?

Indexily English Test (IET) merupakan platform Uji Kemahiran Bahasa Inggris Akademik (Academic English Proficiency Test) yang dikembangkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate. Saat artikel ini kami rilis, IET dalam tahapan Pilot atau Uji Coba. Meskipun masih dalam tahapan uji coba, IET sudah dapat digunakan oleh siapapun. Perbedaannya adalah, selama masa uji coba ini, para peserta tes tidak perlu membayar biaya tes. Sementara itu, jika masa uji coba ini sudah berakhir, maka tes IET dikenakan biaya sebesar Rp.500.000 yang dibayarkan via Transfer atau $32.00 yang dibayarkan melalui PayPal.

Apa yang membedakan IET dari yang lain?

IET dibangun secara khusus untuk menguji kemahiran Bahasa Inggris dalam konteks akademik saja. Dalam hal ini, peserta yang mendapatkan skor Bahasa Inggris tinggi di platform lain, belum tentu mendapatkan skor yang sama di IET. Bukan hanya itu, pengetahuan akademik juga diuji di IET.

Tes IET terdiri atas 6 sub-tes yakni Speaking, Writing, Vocabulary, Grammar, Reading Comprehension dan Listening Comprehension. Semua item tes dirancang khusus untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris Akademik secara holistik. Untuk lebih jelas tentang tes IET, silakan kunjungi laman ini.

Meskipun berbeda, skor IET memiliki ekuivalensi dengan CEFR, IELTS, TOEFL iBT, dan TOEIC sebagaimana yang ditampilkan di bawah.

Apakah IET menerbitkan Sertifikat Bahasa Inggris Akademik?

Tentu saja, Anda membayar untuk itu. IET menerbitkan sertifikat yang dapat divalidasi di website IET dan berlaku selama 2 tahun. Meskipun demikian, karena tergolong platform baru, banyak institusi yang belum mengenal IET dan kami berharap bisa menjangkau lebih banyak institusi baik yang ada di Indonesia maupun di negara lain, khususnya negara-negara dimana Bahasa Inggris bukan bahasa utamanya.

Apakah IET menyelenggarakan Tes Bahasa Inggris Gratis?

Ya, benar sekali. Dengan mendaftarkan akun di IET, Anda dapat mengambil tes Bahasa Inggris gratis. Yang diuji pada tes ini adalah pengetahuan dan kemampuan Bahasa Inggris secara umum. Anda akan mendapatkan skor Bahasa Inggris Anda namun skor tersebut bukanlah skor IET dan tidak dapat diekuivalensikan dengan skor lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi Website Indexily English Test dan daftarkan diri Anda segera.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://karanganbungacilacap.com/ slot thailand