Ternate, 21 November 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan judul Interpretation and Storrytelling, yang adalah salah satu kajian dalam mata kuliah English for Hotel and Tourism. Kuliah tamu kali ini menghadirkan dua pembicara, yakni Prof. RW (Bill) Carter dari University of Sunshine Coast Australia dan Roswita M. Aboe, MA dari Universitas Khairun Ternate. Adapun peserta kuliah tamu ini adalah seluruh mahasiswa dan dosen di STKIP Kie Raha Ternate.

Dalam kegiatan ini, Prof. Bill memperkenalkan kepada mahasiswa seorang tokoh dalam perkembangan ilmu pengetahuan, terutama di bidang Geobiologi, yakni Alfred Russel Wallace. Pembicara yang sangat berpengetahuan ini menjabarkan gagasan-gagasan Wallace serta komunikasinya dengan Charles Darwin dan hubungannya dengan Teori Evolusi. Beliau menegaskan bahwa pengetahuan ini sangat penting bagi mahasiswa di Maluku Utara, terutama mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang boleh jadi nanti berperan sebagai Tourist Guide. Alasannya adalah karena Maluku Utara, khususnya Ternate, adalah salah satu “rumah” bagi Alfred Russel Wallace saat meneliti, dan dari Ternate surat yang berisi ide pokok Teori Evolusi dikirimkan ke Charles Darwin. Sementara itu, pembiacara kedua, Roswita M. Aboe, MA, memberikan pendalaman dan panduan praktis dalam menyampaikan informasi kesejarahan melalui Storytelling serta strategi interpretasi dalam berkomunikasi.

Kegiatan ini disambut meriah oleh sivitas akademika STKIP Kie Raha Ternate. Ketua III Bidang Kemahasiswaan STKIP Kie Raha Ternate, Dr. Hamid Ismail, M.Pd mengakui bahwa kehadiran Prof. Bill dan Roswita M. Aboe di program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate memberikan dampak positif yang sangat berkesan. Beliau berharap di waktu mendatang, para pembicara ini dapat diundang lagi untuk berkontribusi terhadap pengasahan keterampilan mahasiswa khususnya di bidang pariwisata.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *