Jika Anda mencari sumber rujukan terkait materi-materi Bahasa Inggris dan Linguistik, maka tidak ada tempat lain untuk dituju terkecuali Indexily. Apa itu Indexily? Artikel singkat ini akan memberikan gambaran singkat mengenai Indexily beserta fitur-fiturnya.

Pada tanggal 15 Agustus 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha meluncurkan sebuah proyek pengembangan situs basis data ilmiah yang diberi nama Indexily. Secara sederhana, Indexily dapat disebut sebagai sebuah platform indeksasi sekaligus sebagai mesin pencari yang didesain khusus untuk para mahasiswa (dan dosen) Pendidikan Bahasa, Bahasa Inggris, Sastra, dan Linguistik. Situs yang dikembangkan oleh Zainurrahman (dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate) ini dapat diakses melalui tautan https://indexily.com.

Indexily, dalam taglinenya, adalah The Largest Scientific Database for Linguistics and Language Education Students. Tagline ini menggambarkan visi Indexily untuk menjadi basis data ilmiah terbesar untuk para siswa Pendidikan Bahasa dan Linguistik. Untuk merealisasikan visi ini, Indexily secara reguler mengindeks artikel-artikel yang diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah dalam disiplin ilmu Linguistik dan Bahasa Inggris. Jurnal-jurnal tersebut, baik nasional maupun internasional, adalah jurnal-jurnal yang telah terakreditasi Sinta dan sebagian besar terindeks Scopus.

Fitur-Fitur Indexily

Hasil Pencarian Spesifik

Indexily adalah sebuah mesin pencari untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris dan Linguistik yang lebih baik dari Google dan Google Scholar. Mengapa demikian? Indexily tidak menyertakan hasil pencarian yang tidak relevan dengan kata kunci pencarian dan hanya menyajikan artikel dari jurnal-jurnal yang sudah pasti dapat digunakan karena sesuai dengan disiplin ilmu. Sementara itu, dengan kata kunci pencarian yang sama, Google dan Google Scholar akan menampilkan terlalu banyak hasil pencarian dan sebagian besar dari hasil pencarian tersebut tidak relevan dengan pencarian Anda (karena Google dan Google Scholar tidak didesain khusus untuk para mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, dan Linguistik.

Artikel Relevan

Bukan hanya menampilkan artikel yang Anda cari, Indexily juga menampilkan artikel yang relevan berdasarkan kata kunci yang digunakan dalam artikel yang Anda temukan. Ini akan mempermudah Anda untuk menemukan rujukan tanpa melakukan pencarian berulangkali.

Hasil Pencarian yang dapat di-sortir dan di-filter

Indexily menggunakan teknologi Datatable dimana Anda dapat menyortir dan memfilter hasil pencarian dengan mudah tanpa harus melakukan pencarian yang berbeda.

Fitur pencarian tingkat lanjut

Jika kebetulan referensi yang Anda cari masih kurang, Indexily mengarahkan Anda untuk menggunakan sebuah Custom Search Engine (CSE) yang menampilkan hasil pencarian hanya dari sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan termasuk Google Scholar, ResearchGate, ERIC, Scopus, Index Copernicus, dan sebagainya.

Pengecekan Publikasi Predator

Indexily juga memiliki fitur pengecekan publikasi berpotensi predator. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengecek status suatu jurnal sebelum memutuskan untuk menerbitkan artikel Anda di jurnal tersebut. Di Indexily sendiri tidak ada jurnal yang berpotensi predator karena sudah dicek sebelum diindeks.

Rubrik Evaluasi Jurnal

Terbebas dari potensi sebagai jurnal predator saja tidak cukup. Anda bisa mengevaluasi sebuah jurnal dengan menggunakan rubrik evaluasi jurnal Indexily. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih di antara opsi-opsi rubrik dan Indexily secara otomatis akan menilai jurnal tersebut dan menginformasikan kepada Anda apakah jurnal tersebut baik atau tidak untuk artikel Anda.

Terjemahan

Indexily juga memiliki fitur penerjemah yang dapat menerjemahkan abstrak yang ada di laman artikel di Indexily.

Fitur Unduh PDF artikel

Indexily secara otomatis menyajikan kepada Anda tautan unduh PDF artikel yang sedang Anda cari tanpa harus mengunjungi laman jurnal tersebut. Ini sangat bermanfaat agar waktu pencarian Anda lebih singkat tanpa harus mengunjungi laman jurnal yang berbeda satu per satu.

Indexily, singkat cerita, adalah suatu kabar baik bagi seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://karanganbungacilacap.com/ slot thailand