Ternate, 20 Januari 2022 – Setelah kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) Bahasa Inggris yang dilaksanakan di Kelurahan Maliaro atas dasar kerjasama di bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat (beritanya disini), kini, dimediasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) Pendidikan Bahasa Inggris yang saat ini diketuai oleh Rifaldi Astik, kami menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat yang serupa di dua sekolah sekaligus, yakni di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sasa Kota Ternate dan Madrasah Aliyah Darul Ulum Kota Ternate.

 

Kegiatan ini diawali dengan kunjungan delegasi Himapro Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate yang saat itu diwakili oleh Rifaldi Astik dan Thelsya Adhelien Ode ke dua sekolah terakreditasi A ini. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengusulkan adanya kerjasama kelembagaan antara Program Studi Pendidikan Bahasa Ingris STKIP Kie Raha Ternate dengan sekolah-sekolah terkait. Pimpinan-pimpinan sekolah tersebut menyambut baik kunjungan serta usulah yang disampaikan oleh delegasi himapro dan menyatakan antusiasme dan persetujuan yang hangat.

“Kami sangat senang dengan usulan ini, dan sebenarnya inilah yang kami butuhkan mengingat jumlah guru Bahasa Inggris kami sangat terbatas. Kehadiran kegiatan bimbel ini pasti sangat membantu kami.” Ujar Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Ternate, bapak Tamrin Hamisi, S.Ag.

Ungkapan serupa juga disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum Kota Ternate, ibu Nurlaila Sadik, S.Pd, “Kami menyambut baik kehadiran mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate di sekolah ini. Kami yakin bahwa para siswa akan menikmati proses pembelajaran bersama kakak-kakak mereka (mahasiswa).”

Setelah menerima persetujuan dari kedua sekolah ini, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Syamsia, S.S., M.Pd, bersama delegasi himapro kemudian mendatangi kedua sekolah tersebut untuk menjelaskan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka realisasi kerjasama di bidang Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat ini.

“Tujuan kegiatan ini adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui kegiatan-kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Para mahasiswa, di bawah bimbingan salah satu dosen yang ditugaskan, akan hadir untuk memberikan bimbingan belajar di sekolah ini, sedangkan dari pihak sekolah akan mengirimkan delegasi untuk memberikan kuliah umum tentang praktik pendidikan di ruang kelas nyata kepada mahasiswa-mahasiswa kami. Hal ini penting bagi kami karena mahasiswa kami dipersiapkan untuk menjadi calon guru bahasa Inggris sehingga pengalaman dan pengetahuan dari para guru sangat mereka butuhkan. Selain itu, kegiatan bimbel ini merupakan sarana latihan bagi para mahasiswa agar mereka terbiasa menghadapi proses pembelajaran dan pengajaran nyata.” Ujar ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate, Syamsia, S.S., M.Pd.

Kerjasama yang akan berlangsung selama 1 tahun dan dapat diperpanjang ini akan direalisasikan dalam tiga gelombang kegiatan. Setiap gelombang kegiatan terdiri atas 12 hingga 16 tatap muka (bimbel) yang akan diasuh oleh dosen yang ditugaskan bersama mahasiswa yang ditunjuk. Materi bimbel dipercayakan oleh pihak sekolah kepada program studi, sementara itu penjadwalannya ditentukan oleh pihak sekolah karena perlu disesuaikan dengan aktivitas ekstrakurikuler yang ada di masing-masing sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://karanganbungacilacap.com/ slot thailand