Langua: Journal of Linguistics, Literature, and Language Education (e-ISSN: 2623-1565) adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate dan mulai mempublikasikan karya-karya ilmiah sejak tahun 2018. Pada bulan Juni 2021, pengelola jurnal mengajukan usulan akreditasi melalui portal Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah melewati proses evaluasi yang panjang, jurnal Langua diputuskan sebagai salah satu jurnal yang terakreditasi Sinta dengan peringkat 5.

Sebagai catatan, jurnal Langua saat ini tidak menerapkan biaya publikasi (Article Processing Charge) bagi penulis. Selain itu, jurnal Langua memberikan sertifikat reviewer kepada seluruh reviewer yang telah melakukan tugasnya minimal mereview 1 manuskrip.

Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor 5162/E4/AK.04/2021 tanggal 27 Desember 2021 menyebutkan bahwa jurnal Langua terakreditasi Sinta 5 mulai volume 2 nomor 2 tahun 2019 sampai volume 7 nomor 1 tahun 2024.

Berbagai komentar dan masukan dari tim asesor akreditasi jurnal nasional yang bertugas melakukan asesmen terhadap usulan jurnal telah diterima oleh pengelola jurnal. Saat ini dan seterusnya, jurnal Langua akan terus melakukan peningkatan mutu publikasi hasil penelitian dan tinjauan pustaka, melibatkan reviewer editorial internasional, dan mengajukan indeksasi internasional. Pada tahun 2024, jurnal Langua akan kembali diusulkan untuk reakreditasi dengan harapan bisa meraih peringkat yang lebih tinggi.

Unduh Surat Keputusan Dirjen DIKTI 5162/E4/AK.04/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *