Setelah berhasil memenangkan seleksi Putera dan Puteri Kebudayaan Indonesia 2021 di tingkat Provinsi (baca beritanya disini), Irnady yang adalah salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate diberangkatkan ke Jogjakarta untuk mengikuti proses seleksi Putera dan Puteri Kebudayaan Indonesia 2021 di tingkat nasional. Di ajang yang dilaksanakan atas kerjasama Bank Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Irnady lolos di lingkaran 12 besar di antara 24 provinsi.

Kegiatan ini berlangsung di Sleman, Jogjakarta, sejak tanggal 4 November 2021 hingga 7 November 2021. Bersama seorang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ternate, Chairunnisa Az-Zahra, dan didampingi oleh seorang Dewan Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Henny Sutan Muda, Irnady mengikuti seluruh fase kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai aktivitas untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya Maluku Utara.

Para peserta di ajang bergengsi ini diuji oleh tim yang diseleksi dari Staf Kepresidenan Indonesia. Mereka diuji akan wawasan kebangsaan, penguasaan budaya, minat dan bakat, dan sebagainya. “Tidak mudah untuk melewati fase-fase ini tanpa pengetahuan tentang budaya lokal,” ungkap Irnady.

Di dalam kegiatan ini, Irnady menuturkan, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengenal budaya daerah lain yang dibawa oleh peserta dari berbagai provinsi. Mereka juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa situs kebudayaan di Jogjakarta termasuk candi-candi seperti Prambanan dan Borobudur.

Kegiatan-kegiatan seperti ini, lanjutnya, bukan semata-mata kegiatan seremonial tetapi merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya lokal yang semakin lama semakin tergerus dan tidak dipelajari oleh generasi muda. Irnady juga menyampaikan tekadnya untuk memotivasi para pelajar di Maluku Utara untuk mengenal, melestarikan, dan mencintai budaya lokal karena nilai-nilai kultural adalah suplemen yang bisa membentengi generasi muda dari pengaruh “budaya bebas” yang merangsek masuk melalui kecanggihan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *