Ternate, 10 September 2021, di Kampus STKIP Kie Raha Ternate, Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan kegiatan tahunan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, yakni kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan yang melibatkan seluruh mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate (2021/2022 Ganjil) diketuai oleh Muhammad Rizal, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan tahun 2019.

Salah satu dosen tengah memberikan materi tentang kreativitas mahasiswa di era Society 5.0

Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu, 12 September 2021 itu bertemakan Mahasiswa Kreatif di Era Society 5.0. Di dalam kegiatan tersebut, dihadirkan pembicara baik dari kalangan dosen, mahasiswa berprestasi, dan alumni yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang bahasa Inggris menggunakan media teknologi.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pada Januari 2019 silam telah dideklarasikan di Jepang bahwa perkembangan dunia telah melampaui era Industri 4.0 dimana teknologi digunakan untuk bertransaksi informasi, ke era Society 5.0 dimana teknologi sudah dipandang sebagai bagian integral dari kehidupan manusia. Tujuan dibalik pengembangan yang masif ini adalah untuk menjawab tantangan ekonomi dunia dan mengimbanginya dengan kondisi sosial kemasyarakatan.

Salah satu alumnus yang tengah berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai tantangan dan peluang di dunia pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris

Meskipun demikian, menurut salah satu narasumber dalam kegiatan ini, manusia tidak boleh bergantung pada teknologi karena teknologi tidak dapat menggantikan peran manusia sepenuhnya. Oleh sebab itu, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mental mahasiswa yang siap menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Society 5.0 tanpa menjadikan mereka sebagai korban teknologi. “Teknologi harus menjadi alat bantu dan bukan hambatan bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri,” ujar Muhammad Rizal.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah kegiatan rutin tahunan yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate. Kegiatan ini akan kembali dilaksanakan di tahun ajaran berikut (2022/2023 Ganjil) dengan tema yang relevan dengan kebutuhan kerja mahasiswa setelah lulus dari bangku kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *