Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate, sejak tanggal 12 sampai dengan 13 Desember 2018, menyelenggarakan Workshop dan Lokakarya Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate Berbasis KKNI dengan menghadirkan Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed (Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia). Kegiatan ini merupakan salah satu proses yang dilaksanakan oleh Program Studi sebagai sebuah keikutsertaan dalam program pemerintah khususnya Kemenristek Dikti dalam rangka meningkatkan mutu lulusan yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan terutama di Maluku Utara.

KKNI merupakan standar yang harus dijadikan pedoman terutama dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan kurikulum berbasis KKNI, maka telah terjadi penyetaraan lulusan (dalam hal kompetensi) sehingga prinsip-prinsip keadilan dapat ditegakkan. Kurikulum berbasis KKNI juga merupakan kurikulum yang dibangun berdasarkan pada capaian pembelajaran, ungkap Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate, Suhaimi Tegamuni, S.S., M.Pd.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan unsur program studi dan institusi STKIP Kie Raha Ternate, tetapi juga para stakeholder. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemangku jabatan di sekolah-sekolah menengah khususnya yang berada di seputaran Ternate Selatan.

Kurikulum seharusnya tidak hanya menjadi dokumen yang disimpan di rak-rak kantor di Program Studi dan di Sekolah. Kurikulum harus dijiwai dan dijalankan. Dengan menjalankan kurikulum dengan benar, bukan hanya kehidupan pendidikan di dunia saja yang ‘terselamatkan’, tetapi juga tanggungjawab kita sebagai pendidik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa (Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed).

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate berbasis KKNI akan diselenggarakan pada periode 2019/2020; ujar Suhaimi Tegamuni, S.S., M.Pd.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *